Pengertian Politik Menurut Para Ahli

Karena ilmu politik, pemerintahan, administrasi public, hukum tata negara dan ilmu negara sendiri berkembang menjadi disiplin ilmu yang masing-masing mandiri, maka hubungan antara ilmu-ilmu kenegaraan tersebut sudah barang tentu tetap segar erat karena mempunyai objek materi yang sama yaitu negara, sehingga menyebabkan timbulnya pertumpangtindihan (convergency), hal ini karena ilmu-ilmu tersebut memiliki kesamaan dalam pokok masalah (subject matter) yang dibahas.

Yang membedakan berbagai disiplin ilmu itu adalah objek formanya yaitu sudut pandang khas yang berbeda dari masing-masing ilmu, disebut juga sebagai focus of interest. Objek forma ilmu politik adalah kekuasaan, objek forma ilmu pemerintahan adalah hubungan rakyat dengan penguasa yang terlihat dalam berbagai gejala dan peristiwa pemerintahan, yang menjadi objek forma ilmu administrasi public adalah pelayanan, serta yang menjadi objek forma ilmu hukum tata negara adalah peraturan, serta yang menjadi objek forma ilmu negara adalah konstitusi.

Berikut ini marilah kita lihat berbagai pendefinisian politik dan ilmu politik itu sendiri:

          Menurut Robert H. Soltau ( 1950 ) :
"political science, then, is going to be study of the state, its aims and purposes, the institutions by which those are going to be realized, its relation with its individual members and with other states, and also what men have thought, side and written about all these questions".

Maksudnya ilmu politik, untuk selanjutnya akan dianggap pelajaran tentang negara, maksud dan tujuan negara, lembaga yang melaksanakan tujuan tersebut, hubungan antar negara dan warga negaranya, serta hubungan antar negara, dan juga apa yang dipikirkan warganya, ditulis tentang berbagai pertanyaan (artikulasi serta agregasi kepentingan).

Menurut Robert A. Dahl ( 1978 )
"Political Science is, of course, the study of politics. One might better say, it is the systematic study of politics, that is an attempt by systematic analysis to discover in the confusing tangle of specific detail what ever principles may exist of wide and more general significance".

Maksudnya ilmu politik adalah sudah barang tentu pelajaran tentang siasat, atau lebih baik pula dikatakan, hal ini sebagai pelajaran terinci dari berbagai cara yaitu usaha pembahasan yang teratur untuk menemukan pencegahan kebingungan yang kacau dalam pengertian yang lebih luas.

Menurut Johan Kaspar Bluntschli ( 1933 ) :
Political science: "The science which is concerned with the state, which endeavor to understand and comprehend the state in conditions, in its essentials nature, in various forms or manifestation its development".

Maksudnya ilmu politik adalah ilmu yang memperhatikan masalah kenegaraan, yaitu berusaha keras untuk mengerti dalam paham kondisi situasi negara, yang bersifat penting, dalam berbagai bentuk manifestasi pembangunan

Menurut Raymond G. Gettel, ( 1933 ) :
"poltical science is the science of the state. It deal wuth: the relations of individuals to one another insofar as the state regulates them by law, the relation of the individuals or groups of individuals to the state, the relation of state to state".


Maksudnya ilmu politik adalah ilmu dari suatu negara, hal tersebut berlaku baik antar seseorang dengan orang lain yang paling ujung sekalipun disentuh oleh hukum, hubungan antar perorangan ataupun kelompok dengan negaranya, serta hubungan negara dengan negara.

Komentar

Postingan Populer