Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg
Lawrence Kohlberg menekankan bahwa perkembangan moral
didasarkan terutama pada penalaran moral dan berkembang secara bertahap.
Kohlberg sampai pada pandangannya setelah 20 tahun melakukan wawancara yang
unik dengan anak-anak.
Dalam wawancara, anak-anak diberikan serangkaian cerita
dimana tokoh-tokohnya menghadapi dilema-dilema moral. Bagaimana anak-anak dalam
penyikapi setiap cerita yang dilakukan oleh masing-masing tokoh dalam cerita
yang disampaikan oleh kohlberg. Berikut ini adalah salah satu cerita dilema
Kohlberg yang paling populer:
Di Eropa seorang perempuan hampir meninggal akibat sejenis kanker khusus. Ada suatu obat yang menurut dokter dapat menyelamatkannya. Obat tersebut adalah sejenis radium yang baru-baru ini ditemukan oleh seorang apoteker di kota yang sama. Biaya membuat obat ini sangat mahal, tetapi sang apoteker menetapkan harganya sepuluh kali lipat lebih mahal dari pembuatan obat tersebut. Untuk pembuatan satu dosis kecil obat ia membayar 200 dolar dan menjualnya 2000 dolar. Suami pasien perempuan, Heinz, pergi ke setiap orang yang ia kenal untuk meminjam uang, tetapi ia hanya bisa mengumpulkan 1000 dolar atau hanya setengah dari harga obat tersebut. Ia memberitahu apoteker bahwa istrinya sedang sakit dan memohon agar apoteker bersedia menjual obatnya lebih murah atau memperbolehkannya membayar setengahnya kemudian. Tetapi sang apoteker berkata, “Tidak, aku menemukan obat, dan aku harus mendapatkan uang dari obat itu.” Heinz menjadi nekat dan membongkar toko obat itu untuk mencuri obat bagi istrinya.
Di Eropa seorang perempuan hampir meninggal akibat sejenis kanker khusus. Ada suatu obat yang menurut dokter dapat menyelamatkannya. Obat tersebut adalah sejenis radium yang baru-baru ini ditemukan oleh seorang apoteker di kota yang sama. Biaya membuat obat ini sangat mahal, tetapi sang apoteker menetapkan harganya sepuluh kali lipat lebih mahal dari pembuatan obat tersebut. Untuk pembuatan satu dosis kecil obat ia membayar 200 dolar dan menjualnya 2000 dolar. Suami pasien perempuan, Heinz, pergi ke setiap orang yang ia kenal untuk meminjam uang, tetapi ia hanya bisa mengumpulkan 1000 dolar atau hanya setengah dari harga obat tersebut. Ia memberitahu apoteker bahwa istrinya sedang sakit dan memohon agar apoteker bersedia menjual obatnya lebih murah atau memperbolehkannya membayar setengahnya kemudian. Tetapi sang apoteker berkata, “Tidak, aku menemukan obat, dan aku harus mendapatkan uang dari obat itu.” Heinz menjadi nekat dan membongkar toko obat itu untuk mencuri obat bagi istrinya.
Cerita ini adalah salah satu dari sebelas cerita yang
dikembangkan oleh Kohlberg untuk menginvestigasi hakekat pemikiran moral.
Setelah membaca cerita, anak-anak menjadi responden menjawab serangkaian
pertanyaan tentang dilema moral. Haruskah Heinz mencuri obat? Apakah mencuri
obat tersebut benar atau salah? Mengapa? Apakah tugas suami untuk mencuri obat
bagi istrinya kalau ia tidak mendapatkannya dengan cara lain? Apakah apoteker
memiliki hak untuk mengenakan harga semahal itu walaupun tidak ada suatu
aturan hukum yang membatasi harga? Mengapa atau mengapa tidak? Berdasarkan
penalaran di atas kohlberg kemudian merumuskan tiga tingkat perkembangan moral,
yang masing-masing tahap ditandai oleh dua tahap. Konsep kunci dari teori
Kohlberg, ialah internalisasi, yakni perubahan perkembangan dari perilaku yang
dikendalikan secara eksternal menjadi perilaku yang dikendalikan secara
internal.
Tingkat Satu: Penalaran Prakonvensional
Penalaran prakonvensional adalah tingkat yang paling
rendah dalam teori perkembangan moral Kohlberg. Pada tingkat ini, anak tidak
memperlihatkan internalisasi nilai-nilai moral, penalaran moral dikendalikan
oleh imbalan (hadiah) dan hukuman ekternal.
- Tahap 1 : Orientasi hukuman dan ketaatan ialah tahap pertama dalam teori perkembangan moral Kohlberg. Pada tahap ini perkembangan moral didasarkan atas hukuman. Anak-anak taat karena orang-orang dewasa menuntut mereka untuk taat.
- Tahap 2: Individualisme dan tujuan adalah tahap kedua dari teori ini. Pada tahap ini penalaran moral didasarkan pada imbalan dan kepentingan diri sendiri. Anak-anak taat bila mereka ingin taat dan bila yang paling baik untuk kepentingan terbaik adalah taat. Apa yang benar adalah apa yang dirasakan baik dan apa yang dianggap menghasilkan hadiah.
Tingkat Dua: Penalaran Konvensional
Penalaran konvensional adalah tingkat kedua atau tingkat
menengah dari teori perkembangan moral Kohlberg. Internalisasi individu pada
tahap ini adalah menengah. Seorang mentaati standar-standar (internal)
tertentu, tetapi mereka tidak mentaati standar-standar (internal) orang lain,
seperti orangtua atau masyarakat.
- Tahap 3: Norma-norma interpersonal, pada tahap ini seseorang menghargai kebenaran, kepedulian, dan kesetiaan pada orang lain sebagai landasan pertimbangan-pertimbangan moral. Anak anak sering mengadopsi standar-standar moral orangtuanya pada tahap ini, sambil mengharapkan dihargai oelh orangtuanya sebagai seorang perempuan yang baik atau laki-laki yang baik.
- Tahap 4: Moralitas sistem sosial. Pada tahap ini, pertimbangan moral didasarkan atas pemahaman aturan sosial, hukum-hukum, keadilan, dan kewajiban.
Tahap Tiga: Penalaran Pascakonvensional
Penalaran pascakonvensional adalah tingkat tertinggi dari
teori perkembangan moral Kohlberg. Pada tingkat ini, moralitas benar-benar
diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain.
Seorang mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan
kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
- Tahap 5: Hak-hak masyarakat versus hak-hak individual, pada tahap ini seseorang mengalami bahwa nilai-nilai dan aturan-aturan adalah bersifat relatif dan bahwa standar dapat berbeda dari satu orang ke orang lain. Seseorang menyadari hukum penting bagi masyarakat, tetapi nilai-nilai seperti kebebasan lebih penting dari pada hukum.
- Tahap 6: Prinsip-prinsip etis universal, pada tahap ini seseorang telah mengembangkan suatu standar moral yang didasarkan pada hak-hak manusia yang universal. Bila menghadapi konflik secara hukum dan suara hati, seseorang akan mengikuti suara hati, walaupun keputusan itu mungkin melibatkan resiko pribadi.
Gaya Pengasuhan
1. Pengasuhan Otoritatif
orang tua ini menuntut dan responsif . Rumit menjadi orangtua propagative .
Yang disebut tegas demokratis' Resmi
pengasuhan, juga atau 'seimbang' parenting , ditandai dengan pendekatan
yang berpusat pada anak yang memiliki harapan tinggi jatuh tempo. orang tua otoritatif bisa mengerti perasaan anak-anak mereka dan
mengajar mereka cara untuk mengatur mereka. Mereka
sering membantu mereka untuk menemukan outlet yang tepat untuk memecahkan
masalah. "Pengasuhan otoritatif mendorong
anak-anak untuk menjadi mandiri tetapi masih tempat batas dan kontrol terhadap
tindakan mereka. Ekstensif verbal memberi-dan-ambil adalah diperbolehkan, dan
orang tua yang hangat dan nurturant terhadap anak. adalah orang tua Resmi
biasanya tidak seperti pengawasan, yang memungkinkan anak untuk mengeksplorasi
lebih bebas, sehingga memiliki mereka membuat keputusan sendiri berdasarkan
alasan mereka sendiri.
orang tua otoritatif menetapkan batas dan
kematangan permintaan, tetapi ketika menghukum seorang anak, orang tua akan
menjelaskan atau dia motifnya hukuman mereka. "Hukuman mereka diukur dan
konsisten dalam disiplin, tidak kasar atau sewenang-wenang. Orang tua akan menetapkan
standar yang jelas untuk anak-anak mereka, memonitor batas-batas yang mereka
tetapkan, dan juga memungkinkan anak-anak untuk mengembangkan otonomi. Mereka
juga mengharapkan dewasa, mandiri, dan perilaku yang sesuai dengan usia
anak-anak. Mereka memperhatikan anak-anak kebutuhan dan keprihatinan mereka,
dan biasanya akan mengampuni dan mengajar daripada menghukum jika anak jatuh
pendek. Hal ini seharusnya menghasilkan anak-anak
memiliki tinggi harga diri dan kemandirian karena dari
demokrasi memberikan-take sifat pola asuh otoritatif. Ini adalah gaya yang paling direkomendasikan pengasuhan oleh ahli
pengasuhan anak.
2. Pengasuhan Otoriter
orangtua
ini menuntut tetapi tidak responsif . Rumit menjadi orangtua totaliter .
orangtua
otoriter, juga disebut ketat, ditandai oleh harapan tinggi
kesesuaian dan kepatuhan terhadap peraturan orang tua dan arah, sementara
memungkinkan dialog terbuka sedikit antara orangtua dan anak. "Orangtua yang otoriter adalah hukuman, gaya membatasi di
mana orang tua menasihati anak untuk mengikuti petunjuk mereka dan menghormati
pekerjaan mereka dan usaha. orang tua Otoriter berharap banyak dari anak
mereka, tetapi umumnya tidak menjelaskan alasan untuk aturan atau batasan . orang tua otoriter kurang responsif terhadap kebutuhan anak-anak
mereka, dan lebih mungkin untuk memukul anak daripada membahas masalah
tersebut.
Anak-anak
dengan jenis pengasuhan ini mungkin memiliki kompetensi sosial yang kurang
sebagai orang tua umumnya memberitahu anak apa yang harus dilakukan daripada
membiarkan anak untuk memilih oleh dirinya sendiri. Meskipun demikian, para peneliti telah menemukan bahwa dalam
beberapa budaya dan kelompok etnis, aspek gaya otoriter dapat berhubungan
dengan lebih hasil anak yang positif daripada Baumrind mengharapkan. "Aspek tradisional praktek pengasuhan anak Asia sering
dilanjutkan dengan keluarga Amerika Asia.. Dalam beberapa kasus,
praktik-praktik ini telah digambarkan sebagai otoriter. Jika tuntutan didorong
terlalu kuat pada anak, anak akan rusak, pemberontak, atau melarikan diri.
3. Pengasuhan Yang Memanjakan
orang
tua ini responsif tetapi tidak menuntut . Rumit menjadi orangtua freeranger .
Memanjakan
orangtua, juga disebut permisif, nondirective atau toleran, ditandai sebagai memiliki harapan beberapa perilaku bagi anak. "Orangtua memanjakan adalah gaya pengasuhan di mana orang tua
sangat terlibat dengan anak-anak mereka tapi tempat beberapa tuntutan atau
kontrol pada mereka." Orang tua mengasuh dan
menerima, dan sangat responsif terhadap kebutuhan anak dan keinginan. memanjakan orang tua tidak memerlukan anak-anak untuk mengatur
dirinya sendiri atau bertindak dengan tepat.
Hal ini
dapat mengakibatkan anak nakal manja atau "manis manja" anak-anak tergantung pada perilaku
anak-anak.
Dari
penelitian terbaru ;
- Para remaja paling rentan terhadap minum berat memiliki orang tua yang mencetak gol tinggi pada kedua akuntabilitas dan kehangatan.
- Jadi yang disebut 'memanjakan' orang tua, mereka yang rendah akuntabilitas dan tinggi kehangatan, hampir tiga kali lipat risiko remaja mereka berpartisipasi dalam minum berat.
- ‘ketanya orangtua' - tinggi pada akuntabilitas dan rendah pada kehangatan - lebih dari dua kali lipat Teman remaja risiko minum berat.
Anak-anak
dari orang tua permisif mungkin cenderung lebih impulsif, dan sebagai remaja,
mungkin lebih terlibat dalam kesalahan, dan dalam penggunaan narkoba. "Anak-anak tidak pernah belajar untuk mengendalikan perilaku
mereka sendiri dan selalu berharap untuk mendapatkan jalan mereka." Namun dalam kasus baik mereka secara emosional aman, mandiri dan
bersedia untuk belajar dan menerima kekalahan. Mereka dewasa dengan cepat dan mampu hidup tanpa bantuan orang
lain. Tetapi sebagaimana dicatat sebelumnya,
kegunaan data ini terbatas, karena mereka hanya korelasional dan tidak dapat
mengesampingkan efek seperti faktor keturunan (orang tua permisif dan anak
berbagi-tangan dari kepribadian mereka dan cenderung kurang didorong sebagai
rekan-rekan mereka yang otoriter), anak-untuk orangtua efek-(dan tidak bisa
diatur anak-anak tidak fokus mungkin mencegah orang tua mereka dari mencoba
terlalu keras), dan nilai-nilai budaya lokal bersama (yang mungkin tidak
menekankan prestasi).
4. Kelalaian Orangtua
orang
tua ini tidak menuntut dan tidak responsif . Tidak bisa rumit.
orangtua
yang mengabaikan juga disebut tidak terlibat, terpisah, acuh atau tidak turut
campur tangan. Para orangtua yang sedikit
kehangatan dan kontrol, umumnya tidak terlibat dalam Teman-anak hidup mereka,
bebas, ringan, rendah responsif, dan tidak menetapkan batas . orangtua lalai juga bisa berarti mengabaikan anak-anak emosi dan
pendapat. Orang tua secara emosional tidak mendukung
anak-anak mereka, tetapi masih akan menyediakan kebutuhan dasar mereka. Menyediakan kebutuhan dasar makna:, perumahan, dan peralatan mandi atau uang untuk
prementioned. makanan
Anak-anak
yang orang tuanya yang lalai mengembangkan arti bahwa aspek-aspek lain dari
orang tua kehidupan lebih penting dari mereka. Banyak anak dengan gaya pengasuhan seperti ini orangtua sering
berusaha untuk menyediakan untuk diri sendiri atau menghentikan tergantung pada
orang tua untuk mendapatkan perasaan menjadi mandiri dan dewasa melebihi tahun
mereka. Orang tua, sehingga anak-anak mereka, sering
menampilkan perilaku bertentangan. Anak menjadi emosional ditarik
dari situasi sosial.Lampiran ini terganggu juga dampak hubungan di kemudian
hari dalam kehidupan. Dalam masa remaja, mereka
mungkin menunjukkan pola pembolosan dan kenakalan.
Komentar
Posting Komentar