UNSUR UNSUR BERDIRINYA SUATU NEGARA

Menurut JOhn Locke & Rousseau, negara adalah suatu badan atau organisasi hasil dari pada perjanjian masyarakat. Sebuah negara dapat terbentuk karena adanya beberapa unsur. Nerikut ini adalah unsur-unsur negara menurut para ahli:
A. Rahman
Unsur-unsur negara terdiri dari:
  • Penduduk
  • Wilayah
  • Pemerintah
Miriam. B
Unsur-unsur negara terdiri dari :
  • Wilayah
  • Penduduk
  • Pemerintah
  • Kedaulatan
Oppenheim – Lauterpacht
Unsur-unsur negara terdiri dari:
  • Adanya daerah/wilayah
  • Adanya rakyat
  • Adanya pemerintah yang berdaulat
  • Adanya pengakuan dari negara lain
Konvensi Montevideo pada tahun 1933
Unsur-unsur berdirinya sebuah negara adalah sebagai berikut:
  • Rakyat
  • Wilayah yang permanen
  • Penguasa yang berdaulat
  • Kesanggupan berhubungan dengan negara lain
  • Pengakuan (deklaratif)

Dari pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa unsur pokok sebagai syarat mutlak terbentuknya suatu negara adalah terdapatnya rakyat, adanya daerah atau wilayah, serta pemerintahan yang berdaulat. Tanpa ketiga unsur pokok tersebut tidak bisa dikategorikan sebagai negara. Ketiga unsur pokok tersebut disebut juga unsur konstitutif atau unsur pembentuk.

Selain ketiga unsur yang mutlak harus dipenuhi tersebut, terdapat juga unsur pengakuan dari negara lain. Unsur pengakuan dari negara lain ini bukan merupakan unsur pembentuk suatu negara, melainkan hanya merupakan suatu pernyataan dari suatu negara akan keberadaannya. Unsur ini desebut sebagai unsur deklaratif.

Konvensi montevideo 1933.
Unsur unsur negara indonesia. Konvensi montevideo. Unsur negara hukum. Unsur unsur politik. Sebutkan unsur unsur negara. Unsur unsur hukum. Unsur unsur bangsa.

Unsur unsur negara menurut konvensi montevideo. Masyarakat sebagai unsur negara. Unsur2 negara. Unsur unsur negara menurut konvensi montevideo 1933. Unsur negara menurut konvensi montevideo 1933. Pengertian konstitutif. Unsur unsur suatu negara.

Unsur terbentuknya negara menurut konvensi montevideo. Jelaskan unsur unsur negara. Unsur terbentuknya negara menurut para ahli. Unsur unsur bangsa dan negara. Unsur unsur negara adalah. Unsur unsur terbentuknya negara menurut para ahli. Unsur unsur terbentuknya negara.

Unsur hukum. Unsur pokok negara. Makalah unsur unsur negara. Unsur mutlak berdirinya suatu negara. Unsur unsur sebuah negara. Unsur unsur negara hukum menurut para ahli. Unsur unsur terbentuknya negara menurut konvensi montevideo 1933.

Konvensi montevideo tahun 1933. Unsur unsur pembentuk negara. Gambar negara. Teori terbentuknya negara menurut para ahli. Unsur terbentuknya suatu negara. Unsur negara adalah. Pengertian unsur unsur negara. Negara negara. Unsur negara berdasarkan pandangan klasik. Teori unsur unsur negara. Unsur unsur negara menurut para pakar. Pengertian unsur deklaratif. Unsur unsur berdirinya suatu negara. Unsur berdirinya negara menurut ilmu politik.

Unsur unsur hukum menurut para ahli. Sebutkan unsur terbentuknya negara menurut konvensi montevideo 1933. Sebutkan dan jelaskan unsur unsur negara. Unsur unsur terbentuknya suatu negara. Isi konvensi montevideo. Pengertian unsur negara. Syarat terbentuknya negara.

Unsur mutlak terbentuknya negara. Terbentuknya negara menurut para ahli. Pendapat para ahli tentang negara. Unsur pembentuk negara. Unsur mutlak suatu negara. Unsur unsur politik hukum. Terbentuknya suatu negara.

Unsur negara menurut konvensi montevideo 1993. Unsur negara menurut para pakar. Isi konvensi montevideo 1933. Pengertian unsur konstitutif. Teori terbentuknya negara. Arti konstitutif. Unsur mutlak negara.

Unsur unsur negara konstitutif. Unsur unsur bangsa menurut para ahli. Unsur negara menurut konvensi montevideo. Pengertian negara menurut konvensi montevideo 1933. Syarat mutlak berdirinya suatu negara. Kriteria negara hukum menurut para ahli. Syarat berdirinya negara.
Unsur politik. Unsur unsur ilmu politik. Negara dan unsur unsur negara. Unsur deklaratif. Pengakuan dari negara lain merupakan unsur. Unsur terbentuknya politik. Unsur unsur pokok negara.

Unsur unsur berdirinya negara. Hukum menurut wilayahnya. Unsur unsur dalam negara. Unsur berdirinya suatu negara. Unsur unsur terbentuknya sebuah negara. Unsur unsur negara yang berdaulat. Unsur unsur terbentuknya bangsa menurut para ahli.

Unsur2 hukum. Unsur unsur pembentukan negara. Unsur wilayah suatu negara. Sebutkan unsur unsur hukum. Unsur unsur negara menurut konvensi montevideo tahun 1933. Terbentuknya suatu negara menurut john locke. Unsur unsur negara dan pengertiannya.
Unsur2 politik. Sebutkan unsur unsur terbentuknya negara.

DEFINISI DAN PENGERTIAN ORGANISASI


Berdasarkan etimologi (bahasa) organisasi berasal dari bahasa yunani Organ = Alat-Alat dan Isasi = Proses.

Definisi Organisasi Menurut Para Ahli
·         Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
·         Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
·         Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Pengertian organisasi, Secara Terminologi (Asal Kata)
Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan di sepakati.

Pengertian Pengorganisasian.
Seperti telah diuraikan sebelumnya tentang Manajemen, Pengorganisasian adalah merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.

Pengertian Struktur Organisasi
Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.

Unsur – Unsur Organisasi
Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut :
·         Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama.
Organisasi adalah merupakan suatu wadah atau tempat dimana orang-orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan tanpa adanya organisasi menjadi saat bagi orang-orang untuk melaksanakan suatu kerja sama, sebab setiap orang tidak mengetahui bagaimana cara bekerja sama tersebut akan dilaksanakan. Pengertian tempat di sini dalam arti yang konkrit, tetapi dalam arti yang abstrak, sehingga dengan demikian tempat sini adalah dalam arti fungsi yaitu menampung atau mewadai keinginan kerja sama beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pengertian umum, maka organisasi dapat berubah wadah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu misalnya organisasi buruh, organisasi wanita, organisasi mahasiswa dan sebagainya.

·         Proses kerja sama sedikitnya antara dua orang
Suatu organisasi, selain merupakan tempat kerja sama juga merupakan proses kerja sama sedikitnya antar dua orang. Dalam praktek, jika kerja sama tersebut di lakukan dengan banyak orang, maka organisasi itu di susun harus lebih sempurna dengan kata lain proses kerja sama di lakukan dalam suatu organisasi, mempunyai kemungkinan untuk di laksanakan dengan lebih baik hal ini berarti tanpa suatu organisasi maka proses sama itu hanya bersifat sementara, di mana hubungan antar kerja sama antara pihak-pihak bersangkutan kurang dapat diatur dengan sebaik-baiknya.

·         Jelas tugas dan kedudukannya masing-masing
Dengan adanya organisasi maka tugas dan kedudukan masing-masing orang atau pihak hubungan satu dengan yang lain akan dapat lebih jelas, dengan demikian kesimpulan dobel pekerjaan dan sebagainya akan dapat di hindarkan. Dengan kata lain tanpa orang yang baik mereka akan bingung tentang apa tugas-tugasnya dan bagaimana hubungan antara yang satu dengan yang lain.

·         Ada tujuan tertentu
Betapa pentingnya kemampuan mengorganisasi bagi seorang manajer. Suatu perencana yang kurang baik tetapi organisasinya baik akan cenderung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan yang baik tetapi organisasi tidak baik. Selain itu dengan cara mengorganisasi secara baik akan mendapat keuntungan antara lain sebagai berikut :
- Pelaksanaan tugas pekerjaan mempunyai kemungkinan dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif

Secara ringkas unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah :
·         Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama.
·         Harus ada orang-orang yang bekerja sama.
·         Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus jelas.
·         Harus ada tujuan bersama yang mau dicapai.